Seminar Motivasi Kiat Sukses Menghadapi Ujian Nasional di MAN 7 Jakarta

Posted by NF Computer On 22 May 2013 No Commented

Sebagai bagian dari Roadshow STT Terpadu Nurul Fikri ke sekolah-sekolah lanjutan atas di kawasan Jakarta dan sekitarnya, MAN 7 Jakarta menjadi salah satu sekolah yang beruntung karena sebanyak 148 siswanya mendapatkan Seminar Motivasi dengan tajuk “Kiat Sukses Menghadapi Ujian Nasional”. Acara yang dikhususkan bagi siswa kelas XII ini digelar di ruang multimedia pada hari Jum’at, 18 Januari 2013.


Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Rifat Syafii yang dalam hal ini memperkenalkan STT Terpadu NF sebagai salah satu perguruan tinggi unggulan yang konsen mencetak sarjana berakhlak mulia, profesional dan bersertfiikasi. Pada kesempatan tersebut disampaikan pula bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kerjasama STT Terpadu NF dengan MAN 7 Jakarta yang meliputi kegiatan Seminar Motivasi dan juga pemberian Try Out Ujian Nasional. Diharapkan melalui penyelengaraan kegiatan ini, siswa MAN 7 Jakarta dapat secara optimal mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, untuk meraih hasil yang maksimal dalam Ujian Nasional yang sebentar lagi akan digelar.

Bertindak sebagai nara sumber dalam seminar adalah Julianto Arief Setiadi, seorang pakar pendidikan yang telah lebih dari sepuluh tahun bergelut langsung sebagai pendidik, trainer, motivator sekaligus konsultan pendidikan yang konsen dalam penyediaan SDM, kurikulum dan infrastruktur pendidikan bagi sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta.

Dalam pemaparannya, Arief Setiadi menekankan pentingnya membuat strategi belajar yang efektif, memetakan mind mapping, memaksimalkan kemampuan membaca serta merangkum pokok-pokok bahasan dari setiap pelajaran. Tidak lupa beliau juga menyinggung tentang pentingnya semangat dan kedisiplinan dalam belajar, dan jangan lupa untuk menyerahkan hasil dari segala ikhtiar yang telah dilakukan hanya kepada Allah SWT.

Peserta tampak antusias untuk maju ke depan berdialog langsung dengan nara sumber, diantara mereka juga ada yang tidak malu untuk bertanya di tengah pamaparan materi sedang berlangsung. Ya, acara seminar ini memang tidak disetting dengan suasana yang formal, peserta dibiarkan duduk lesehan di atas karpet dengan santai, namun tetap tidak menghilangkan kesan keseriusan dan fokus. Seperti itulah kami mengemas acara ini. (Rif)

Leave a Reply