Ngopreknya IT, Makannya Ayam Bakar Mas Mono

Posted by unggul On 20 June 2010 No Commented

Ngoprek secara umum artinya membongkar, mengotak atik. Di Dunia IT, ngoprek adalah istilah lazim di komunitas IT sebagai bentuk berkumpulnya anggota komunitas dan sharing, membahas aplikasi, fitur, melakukan workshop, pelatihan teknis dan hal-hal teknis terkait aplikasi dan perkembangan IT utamanya Open Source.

Di dalam ngoprek, biasa ada presenter untuk selanjutnya “ngoprek bareng” dan melakukan berbagai kegiatan trial-error dan mencoba-coba ide dari peserta yang datang. Dengan ini, ilmu pengetahuan semakin berkembang diantara anggota. Lantas, ketika dijadikan besar = Gala, maka yang terjadi adalah meriahnya suasana, namun gayanya nonformal. Khas ngoprek. Ada yang sambil makan di meja, ada juga yang antusias lesehan didekat panggung untuk stay focus dan juga lebih mudah untuk tanya jawab.

Pas Ngoprek, hal yang paling asyik adalah sambil ngemil, sambil makan. Ngobrol tidak dilarang. Yang penting fokus ke tujuan datang, yaitu cari ilmu pengetahuan. Nah, di kesempatan Gala Ngoprek IT yang lalu, ngopreknya IT, makannya.. dahsyat! Ayam Bakar bow.. tidak tanggung-tanggung, Ayam Bakar Mas Mono yang terkenal seantero jagat dengan kelezatannya serta cabangnya yang dimana-mana.

Gala ngoprek kali ini membahas banyak hal, mulai dari Sesi Motivasi yang merupakan sharing pengalaman dan pengetahuan agar para generasi muda siap untuk “Indonesia, Go Open Source!” dan memberikan motivasi belajar Open Source. Sesi ini menghadirkan Rusmanto, Alex Budiyanto, dan Nasirudin. Para leader dan motivator di bidangnya masing-masing. Pak Rus; sang “bapak Linux Indonesia”, Mas Alex; dengan motivasi Luar Biasa, “dari kuli bangunan ke kuli IT” dan Pak Nasir; yang membuat perusahaan “fastest growing hosting provider company” dalam waktu singkat.

Sesi berikutnya, ya Ngoprek. Tidak tanggung-tanggung, ngoprek Hardware berupa Server Rainer berjumlah 3 buah yang dibawa oleh tim Rainer langsung dioprek. Sembari menjelaskan teknologi server terbaru yang wajib diketahui mahasiswa dan pelajar. Dua sesi berikutnya, paralel antara Zimbra Collaboration Suite yang dibawakan dengan apik oleh Pak Bonny Kurniawan, Peserta juga mencoba Memahami Open Solaris bersama Mas Agus Setiawan, dan sajian 3D nan memesona ala Blender dari Pak Miftahudin. Paralel berikutnya setelah break sore, suguhan Tweaking Ubuntu yang dinanti-nanti Linuxer oleh Pak Egi, dan Linux untuk pendidikan dasar dibawakan dengan khas “anak-anak” oleh Mas Dedy.

Makin Mantabh dengan taburan doorprize di setiap sesi yang menyiratkan pesta yang gila-gilaan dan tidak tanggung-tanggung. Makna Hari Kebangkitan Bangsa (Harkitnas) juga didengung-dengungkan panitia dan MC yang kiyut (ngaku sendiri) dan interaktif diatas panggung, untuk memotivasi semua peserta. Dengan agak ngocol dan suara yang lantang, Mas Unggul, Bro Dicky, dan Om Irham bergantian memandu jalannya acara tanpa lelah.. Maklum, dengar-dengar dari burung, dulu suka demo di Monas hihi.. Pantas sekali ketika capek dan lelah, disuguhi sajian Ayam Bakar yang khas, mulai dari bau wanginya, kemanginya, sambalnya, ayam empuk berwarna kecoklatan dan agak gosong khas bakar-bakaran.. serta boxnya yang juga serba hijau dan semriwing! Lihat aja mas Irham lagi ma’em sepertinya takut-takut kalau tuh paha ayam diambil orang hehe..

What A Great Event! And A Great Lunch! See you next year!

Leave a Reply