Sharing Internet Sehat & Relawan TIK Meetup

Posted by nurulfikricom On 31 January 2012 3 Commented

Hari Sabtu, 28 Januari 2012 yang lalu, berlangsung sesi sharing internet sehat dan ngumpul perdananya para relawan TIK Jakarta Raya di tahun 2012. Para relawan ini merupakan hasil open recruitment baru yang masih berlangsung hingga Maret. Pada tahap awal rekruitmen ini, diperuntukkan untuk menjaring relawan tingkat provinsi sedangkan utk tahap kedua akan menjaring relawan tingkat kabupaten/kota.

Adapun Relawan TIK Jakarta Raya merupakan organisasi tingkat provinsi dengan keistimewaan mengelola relawan-relawan di Jakarta (Barat, Utara, Timur, Pusat, Selatan) dan daerah pendukung seperti Bogor, Bekasi dan Depok. Adapun Tangerang masih dalam wilayah Relawan TIK Banten sehingga Relawan TIK area jabodetabek minus Tangerang ini lebih cocok disebut “Jakarta Raya”.

Pada pertemuan kali ini, semua relawan yang bergabung berkesempatan untuk mendengarkan pemaparan dari Mas Indriatno Banyumurti, Ketua Relawan TIK Nasional mengenai program relawan TIK ini. Selain itu, ada juga Kang Mataharitimoer, ketua Blogger Bogor yang secara de facto juga menjadi koordinator wilayah untuk Relawan TIK Bogor.

Acara yang akrab, santai namun juga penuh pencerahan ini dibuka oleh Pak Bambang Tri Santoso, Kasi Perancangan Model Informatika Masyarakat Perkotaan yang membuka sekaligus memberikan Kata Sambutan dari Bu Mariam Barata, Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pak Bambang menekankan adanya kerelawanan ini untuk menunjang diseminasi dan sosialisasi TIK di berbagai wilayah di Indonesia guna mewujudkan “masyarakat informasi Indonesia” alias masyarakat Indonesia yang melek IT hingga ke pelosok untuk mempermudah transformasi teknologi yang pada akhirnya untuk kemakmuran masyarakat juga.

Mas Bambang dari Kominfo membuka acara

Mas Indriatno Banyumurti memaparkan mengenai Relawan TIK sebagai organisasi yang independen, non-partai dan merupakan jembatan dari masyarakat yang bersedia untuk membantu dalam berbagai kegiatan pemasyarakatan TIK sebab tidak mungkin masyarakat melek TIK kalau hanya mengandalkan pemerintah. Pun swasta yang ingin membantu perlu adanya relawan TIK khususnya di daerah-daerah untuk memasyarakatkan TIK ini dengan lebih cepat, tepat dan akurat.

Selain itu, Ketua Relawan TIK Nasional yang juga penggiat Inernet Sehat ini memberikan sharing awal –untuk selanjutnya ada Training lanjutan utk pengurus– mengenai perilaku berinternet yang “sehat” bagi semua relawan TIK yang hadir.

Sedangkan Kang Eddy Prayitno alias Mataharitimoer menampilkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Blogor (Blogger Bogor) dalam mensupport kegiatan relawan TIK. Misalnya dengan Roadshow Internet Sehat di 5 sekolah dan berbagai kegiatan Blogor yang terkait pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, juga kegiatan untuk Kota Bogor misalnya sapu bersih jalanan kota Bogor, juga untuk teman-teman yang tertimpa musibah di lain kota, misalnya pengumpulan dana untuk korban Merapi dan Wasior. Selain itu, kegiatan berbasis TIK misalnya workshop nge-blog dan siaran radio menjadi salah satu kegiatan juga. Mataharitimoer berharap Relawan TIK tetap semangat dan tak perlu menunggu siapapun, langsung jalan saja dan berbuat.

Pukul 12.30 WIB acara selesai. Konsumsi kue-kue dan air minerl yang disumbang oleh tuan rumah meetup, yaitu LP3T Nurul Fikri, lembaga pelopor training Linux dan Open Source di Indonesia sudah habis disantap. Kegiatan lesehan ala komunitas ini semakin menambah suasana keakraban para relawan yang berlatar belakang berbeda-beda, mulai dari mahasiswa, dosen, karyawan swasta, PNS dan wirausaha di jabodebek ini.

Sharing dan Meetup ini dihadiri lebih dari tiga puluh orang perwakilan relawan di jabodebek ini akan dilanjutkan dengan Training of Trainer mengenai “Internet Sehat” yang lebih spesifik dan bertempat disalah satu basis relawan TIK Jakarta Raya yaitu di Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Sementara itu, kegiatan open recruitment Relawan TIK Jakarta Raya ini tetap dibuka hingga akhir bulan Maret untuk memperbanyak para relawan non-pengurus, yang bersedia membagi waktu, sharing dan berkontribusi untuk perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia lebih cepat, tanpa pamrih.

3 Responses to “Sharing Internet Sehat & Relawan TIK Meetup”

  1. [...] : NurulFikri.Com This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink. ← Kick Off Kegiatan Internet [...]

  2. alamvagabond says:

    kapan Relawan TIK meetup lagi , saya baru gabung soalnya…

  3. coba join di group di fb : http://www.facebook.com/groups/253197381427140/

    nanti info ada disana :)

Leave a Reply